Tips Merawat Aki Mobil Agar Tidak Mudah Soak


Aki pada mobil berfungsi sebagai komponen penyuplai daya listrik pada sejumlah bagian mobil seperti lampu & stater mobil. Untuk membuat aki mobil anda dalam kondisi prima dan tidak mudah soak, maka ada perlu melakukan sejumlah hal penting sebagai berikut:

#1. Mengukur Daya Aki & Cairan

Pengecekan hal pertama adalah Pengkuran daya aki dengan alat khusus yaitu battery load tester sehingga anda dapat mengetahui daya pada aki anda saat diukur. Pengecekan kedua adalah cairan aki khususnya anda yang mengunakan jenis aki basah.

#2. Pemeriksaan Terminal Aki

Ada beberapa hal yang biasanya terjadi pada terminal aki yaitu kerak jamur, karat dan pemasangan yang klep longgar dimana ketiga hal tersebut dapat mempengaruhi kinerja aki dan akhirnya membuat aki lebih mudah soak. .

#3. Memanaskan Mobil

Saat mobil anda tidak dipakai maka daya listrik pada aki akan berkurang dan jika dibiarkan dalam waktu beberapa minggu maka mobil yang tidak dapat distarter hal ini terjadi karena karena daya pada aki mobil tersebut kosong. Sebaiknya anda dapat meminta seseorang bisa memanaskan mobil anda sekitar 15-20 menit dalam kurun waktu seminggu sekali.

#4. Hindari Menyalakan AC Saat Mesin Mati

Ketika anda baru masuk mobil dan merasa kepanasan karena mobil habis terjemur di siang hari dan anda langsung menyalakan AC saat kondisi mesin mobil mati merupakan suatu kebiasaan yang harus anda hilangkan karena daya untuk menyalakan AC sangat besar sehingga hal ini menjadi beban aki mobil anda.

#5. Usia Aki Mobil

Setiap aki mobil memiliki usia sesuai standard pabrik dan pada umumnya dapat bertahan sekitar 1-2 tahun pada kondisi pemakaian normal.





0811-92-333-56 | 0811-92-333-56