Mengenal Penyebab dan Solusi Terbaik Aki Mobil Soak

GRATIS Kirim & Pasang Aki Mobil - Solusi Aki Soak Mobil Manual dan Matic

Layanan Express & Tanpa Ribet Ganti Aki Mobil di Tempat Anda
Rapid Drive Indonesia

Faktor Penyebab Aki Mobil Soak dan Solusi Tepat


aki mobil soak


Setiap mobil baik manual atau metik pasti memerlukan baterai atau istilah lainnya adalah aki supaya mobil anda bisa dipakai termasuk komponen kelistrikan lainnya seperti lampu dan sebagainya menggunakan aki untuk dapat berfungsi dengan normal. Apabila baterai atau aki mobil anda dalam keadaan soak maka akan menggangu aktivitas dan perjalanan anda karena mobil tidak bisa dinyalakan. Betapa repotnya apabila anda sedang berada di jalan atau di luar dan mobil tidak kuat distarter saat pagi hari. atau saat pagi hari saat anda ingin berangkat ke kantor, anda mau antar anak atau anggota keluarga lainnya.

Sebelum anda menghadapi situasi tidak menyenangkan tersebut, ada baiknya anda melakukan langkah preventif yang tepat. Kami membuat form ceklis rutin salah satunya mengenai pemeriksaan aki mobil selain pengecekan rutin lainnya tiap pagi dan form tersebut juga dapat diunduh.

Sebelum membahas lebih lanjut tentang penyebab aki mobil soak atau tekor, maka ada baiknya kita juga memahami perbedaan aki mobil yang tekor dengan ako mobil soak. Jika mobil anda sulit distarter maka salah satu sumber masalahnya adalah aki mobil atau accu mobil yang tekor atau soak. Lalu bagaimana membedakan aki mobil tekor dan soak? Jawabannya cukup mudah.

Aki Mobil Tekor:
- Usia aki mobil kurang dari 1 tahun;
- Faktor kelalaian pemilik kendaraan seperti lupa mematikan lampu mobil;
- Mesin mobil tidak dipanaskan dalam waktu lama;
- Adanya kebocoran arus listrik lainnya;

Solusi terbaik untuk aki mobil yang tekor ada beberapa langkah. Pertama adalah strum aki mobil tersebut. Langkah kedua mengenali penyebab dan melakukan langkah pencegahan yang te[at supaya aki mobil tersebut tidak tekor lagi khususnya aki tekor karena faktor kebocoran arus listrik. Untuk memeriksa kebocoran arus listrik bisa mengunakan tang ampere atau volmeter digital.

Aki Mobil Soak:
- Faktor usia aki mobil jika sudah dipakai lebih dari 1 tahun;

Solusi jitu masalah aki soal adalah menganti dengan yang baru sesuai spesifikasi kendaraan anda. Cara mudah mengetahui apabila aki mobil sudah soak adalah mesin mobil terasa berat / sulit saat ingin distarter, ciri lainnya adalah fungsi kelistrikan tidak berfungsi normal seperti suara klakson kurang nyaring, lampu lebih redup, power window tidak berfungsi dsb. Untuk tipe aki mobil MF (kering) dan aki mobil basah Hybrid, anda bisa melihat warna berubah menjadi merah pada indikator eletrolit. Anda dapat membaca lebih lanjut halaman tanya jawab seputar aki mobil atau artikel lebih lanjut tentang 7 gejala aki soak.

Setelah mengerti prihal perbedaan dasar antara aki mobil tekor dan soak, maka berikut ulasan lebih lanjut tentang faktor penyebab menjadi soak atau tekor dan cara mengatasinya:

1. Mesin Lama Tidak Dipanaskan
Apabila anda bepergian lebih dari 2 minggu dan mesin mobil tidak dipanaskan maka biasanya mobil akan sulit distarter karena aki tidak mendapat pengisian listrik yang memadai dari alternator atau dinamo ampere. Penting bagi anda selaku pemilik mobil untuk memanaskan mesin mobil atau mengunakan seminggu 1 kali sehingga mobil bisa berfungsi secara normal.

2. Pola Pakai
Apabila mobil dipakai dengan intensitas tinggi khususnya sering "stop & go" maka kondisi ini dapat membuat usia aki mobil lebih pendek. Demi kenyamanan aktivitas anda, apabila usia pemakaian aki mobil anda sudah di atas 1 tahun dan sering menemukan gejala mobil makin berat distarter maka sebaiknya anda segera membeli aki mobil baru dengan spesifikasi sesuai kebutuhan.

3. Penambahan Aksesories Secara Berlebihan
Menambah aksesories seperti sound sistem atau audio, lampu HID dsb untuk sebagian pemilik kendaraan memang menyenangkan namun tentu saja penambahan ini dapat menjadi beban kelistrikan tersendiri yang harus diperhitungkan dengan cermat. Belum termasuk faktor lain seperti kelayakan instalasi kelistrikan dan kemungkinan kebocoran arus.

4. Air Aki Di Bawah Garis Minimal
Untuk aki jenis basah seperti Premium atau Hybrid, penting bagi anda untuk memperhatikan garis batas air aki tetap berada di garis aman supaya aki mobil dapat berfungsi dengam maksimal.

5. Kapasitas Aki
Setelah anda menambah beberapa aksesories seperti poin 3 diatas tanpa menyesuaikan kapasitas aki mobil anda maka tentu saja akan membuat beban kerja baterai atau aki mobil anda lebih berat. Pastikan anda menyesuaikan aki dengan kebutuhan kelistrikan.

6. Usia Aki
Setiap komponen mobil salah satunya aki memiliki masa pakai dan tentu saja semakin tua maka kemampuan akan berkurang. Pemakaian aki normal bisa mencapai 1-2 tahun. Aki mobil menjadi salah komponen penting yang rutin anda cek setiap pagi baik dari air aki untuk jenis aki basa dan cara lain untuk mengecek bisa dilihat dari indikator eletrolit pada bagian atas aki. Warna hijau aki mobil kondisi normal, warna putih kurang strum dan merah artinya sudah soak dan waktunya diganti supaya anda tidak mengalami mobil mogok di jalan karena aaki mobil soak.


Mobil matic mogok, apakah boleh didorong?

Menurut sumber terpercaya bahwa mendorong mobil matic itu ada ketentuan yang harus dilakukan. Apabila posisi mobil anda di tengah jalan dan sekedar ingin dipinggirkan ke bahu jalan maka mendorong untuk jarak dekat masih diperbolehkan. Apabila mobil matic anda mogok karena aki mobil soak, anda bisa melakukan jumper starter atau mengganti aki baru. Jika mobil matic anda mogok karena faktor teknis lainnya maka anda harus menggunakan jasa towing (gendonng). Namun apabila memang terpaksa memakai jasa truk tarik, maka ada hal penting yang harus anda perhatikan sbb:

Bagi mobil pengerak roda depan (FWD), maka roda depan yang diangkat dan roda belakang boleh menapak, sebaliknya jika mobil matic anda mengunakan penggerak roda belakang (RWD), maka roda belakang yang harus diangkat dan posisi depan boleh menapak.

Untuk menghindari kendala mobil mogok di jalan maka anda wajib melakukan pengecekan rutin tiap pagi dan pemeriksaan berkala lebih lanjut ke bengkel terpercaya. Anda dapat mengunduh 9 Form Ceklist Rutin dan bagi anda yang ingin berkonsultasi lebih lanjut seputar aki mobil atau ingin mengganti ai mobil, silahkan hubungi kami:

0811-92-333-56 | 0811-92-333-56